Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya

Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya - Hallo sahabat highwayroadrunner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bau mulut, Artikel Mulut, Artikel puasa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya

Saat memasuki bulan ramadhan atau puasa, bau mulut adalah salah satu problem yang mungkin perlu diperhatikan dan diatasi. Pasti sangat nikmat dan menyenangkan jika kita dapat berpuasa sekaligus terbebas dari bau yang kurang sedap mulut. Berikut ini merupakan beberapa cara yang mungkin dapat dicoba untuk menghindar dari masalah bau mulut pada saat menjalankan ibadah puasa, beserta dengan penyabab dan cara mengatasinya.

Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa
  • Penyebab bau mulut yang pertama yaitu dapat terjadi dikarenakan berasal dari dalam tubuh, seperti yang dialami oleh penderita penyakit diabetes dan maag.
  • Didalam organ mulut manusia memiliki tidak sedikit bakteri yang dapat merubah sisa makanan menjadi gas sulfur yang dapat mengakibatkan bau mulut.
  • Saat kita tidak sedang berpuasa, maka saat itu mulut akan menghasilkan zat saliva, pada saat menjalankan ibadah puasa maka produksi saliva akan berkurang, hal ini mengakibatkan bakteri bisa berkembang biak secara cepat, sehingga menyebabkan munculnya bau yang kurang sedap dari mulut.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa
  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau kurang sedap, misalnya durian dan jengkol.
  2. Sebisa mungkin kurangi rokok / tidak merokok sedikit pun saat sahur dan berbuka puasa. Ini akan mengurangi bau mulut saat siang hari.
  3. Rajinlah gosok gigi secara baik dan juga membersihkan dengan menggosok lidah, ini juga bisa mereduksi bau mulut saat puasa. Tujuannya adalah membersihkan mulut dari partikel sisa - sisa makanan yang membusuk.
  4. Cobalah untuk menggunakan mouthwash atau obat kumur untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih dan fresh.
  5. Pakailah dental Floss atau benang gigi, yang berguna untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang membusuk yang bisa membuat bau mulut.
  6. Minumlah air putih sekitar 8-10 gelas saat berbuka dan sahur, ini akan dapat mencegah bau mulut pada saat siang. Air putih dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur, sehingga mulut dapat terjaga kebersihannya.
  7. Minumlah teh hijau less sugar atau tanpa gula saat berbuka dan sahur akan membantu cegah bau mulut. Teh hijau memiliki zat polyphenol, yang dapat membersihkan bakteri di mulut dan saluran pernafasan.
  8. Jangan mengkonsumsi makanan yang bertekstur lengket semisal coklat, ice cream, dan kue basah lainnya. Makanan lengket tersebut akan lebih susah untuk dibersihkan, dan akan menempel di gigi dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut.


Demikianlah Artikel Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya

Sekianlah artikel Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Faktor Penyabab Bau Mulut Saat Berpuasa & Tips Mencegahnya dengan alamat link http://highwayroadrunner.blogspot.com/2016/07/faktor-penyabab-bau-mulut-saat-berpuasa.html
Share on Google Plus

About Cika Lestari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment